Senin, 03 September 2012

Belajar Jaringan Dengan Graphical Network Simulator(GNS3)


Tools tsb adalah GNS3, kelebihan dari GNS3 adalah kita bisa menginput / mensinkron guest OS kita yang ada di Virtualbox ke GNS3, sehingga guest OS kita bisa menjadi node di jaringan yang kita buat di GNS3. Dan kita tidak perlu susah – susah menyetting adapter pada virtualbox, cukup kita disable saja. Karna GNS3 akan mengatur adapternya untuk kita menggunakan UDP tunnel (saya belum tau banyak tentang konsepnya :D). Sedangkan kalau kita hanya menggunakan virtualbox untuk belajar jaringan, kita akan kewalahan menyeting adapternya, host-only, inet-1, inet-2 dan sterusnya ..


Contoh kali ini kita akan membangun jaringan dengan topologi yang sederhana dengan router menggunakan MikroTik
Tools yang kita butuhkan adalah :
  1. Virtualbox. Software untuk sistem virtualisasi.
  2. Graphical Network Simulator 3 (GNS3).  Software untuk simulasi jaringan
Saya ansumsikan kita sudah punya virtualbox dan GNS3 sudah terinstall di PC kita dan guest OS MikroTik dan WinXP sudah terinstall di virtualbox.
Klik Refresh VM list, lalu pilih guestOS yg akan didaftarkan. Jika ingin jumlah adapternya 2 maka kita tuliskan 3, jika ingin 3 adapter kita tuliskan 4, dst .. sengaja kita lebihkan satu karna berfungsi sebagai VirtualBox Management Interface. Apablia kita tuliskan 3, pasti nanti yang tersedia hanya 2. Coba saja anda sorotkan kursor ke node virtualbox guest nantinya untuk informasi interfacenya.
WinXP kita berikan NIC 1, jadi kita tuliskan 2 lalu Save dan mikrotik kita berikan NIC 2 jadi kita tuliskan 3 lalu save. VirtualBox Guest kita siap digunakan.
Untuk memasukan Vbox guest tinggal men drag & drop ikon “VirtualBox guest” ke lembar kerja, lalu pilih guestOS yang akan di masukan.
Kita bisa menambahkan switch dll ke dalamnya, kita juga bisa merubah symbol, mengganti hostname dari node tsb, dll dengan meng klik kanan node.
Untuk memberikan jaringan kita akses internet, kita masukan Cloud ke topologi, dengan cara men drag & drop icon Cloud pada dock nodes types di sebelah kiri. Setelah dimasukan kita pasangkan adapter “VirtualBox Host-Only Networ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar