Jumat, 07 September 2012

Cara Menginstal Virtual Box Dengan Guest OS Windows 2003


  • Cara Menginstall Virtual Box
1. Double klik pada software untuk memulai instalasi
2. Klik next untuk melanjutkan
3. Pilih ” i accept the terms in the License Aggrement ”
4. Klik next untuk melanjutkan
5. Pilih komponen virtual box yang di inginkan
6. Klik next untuk melanjutkan
7. Lalu klik install untuk memulai instalasi
8. Muncul tampilan ” Software Installation “, lalu klik ” Continue Anyway ”
9. Klik Finish
10. VirtualBox siap untuk beraksi
  • Install Windows Server 2003 pada Virtual Box (Membuat Mesin Virtual)
1. Siapkan ISO Windows Server 2003 dari sistem operasi (dapat menggunakan DVD asli) dan copy ke DVD atau hard drive host.
2. Dalam setup VirtualBox, jalankan aplikasi setelah instalasi.
3. Klik New dan ikuti setting wizard path ke ISO. Ketik nama Virtual machine (misal : Windows), lalu pilih OS tipe (OS : Microsoft Windows, Version : Windows 2003). Klik next.
4. Setelah itu pilih jumlah memori dasar (RAM) dalam megabytes untuk dialokasikan pada mesin virtual (misal : 512MB). Klik next.
5. Pilih create new hard disk. Klik next.
6. Muncul Wizard lalu klik next.
7. Pilih tipe storage (misal : Dynamically expanding storage), klik next.
8. Tentukan ukuran virtual hard disk (misal : 20GB), klik next.
9. Klik finish.
10. Setelah selesai membuat mesin virtual, harus mengkonfigurasinya untuk menggunakan Windows Server 2003 image disk. Pilih mesin virtual, klik Pengaturan, dan arahkan ke bagian CD / DVD-ROM. Periksa Mount CD /DVD Drive kotak centang dan klik tombol radio ISO Image File. Kemudian klik icon folder dan kemudian browse ke tempat menyimpan File dan ISO Windows.
11. Jika CPU memiliki prosesor multi-core, ada pilihan jika ingin mengaktifkan untuk mempercepat hal-hal di atas mesin virtual. Pergi ke system dan pada tab Acceleration aktifkanVT-x/AMD-V dengan mencentangnya. VirtualBox ini memungkinkan untuk memanfaatkan kemampuan virtualisasi mesin prosesor, dan meningkatkan kinerja mesin virtual .
12. Jika mungkin ingin menambahkan suara ke mesin virtual juga. Buka tab Audio, dan klik kotak centang di Enable Audio dan pilih Windows Direct Sound untuk Audio Driver Host. Setelah memiliki mesin dikonfigurasi, klik tombol Start untuk mengaktifkan mesin virtual .
13. Setelah menginstal Windows Server, dapat menginstal guest additions. Guest additions akan memberikan dukungan video dan audio yang lebih baik ke mesin virtual. Guest additions juga memungkinkan untuk lebih mengintegrasikan mesin virtual dengan sistem utama.
Untuk menginstal guest additions, tekan tombol Ctrl kanan pada keyboard, buka menu Perangkat dan pilih Install Guest Additions …
14. Selama instalasi guest additions, ketika ditanya apakah ingin menginstal driver, klik tombol Install. Setelah menginstal guest additions, reboot mesin virtual. Setelah reboot, semua perangkat virtual harus bekerja.
15. Sekarang Mesin virtual memiliki guest additions terinstal, sehingga dapat berbagi clipboard, akses ke file pada sistem utama, dan memindahkan kursor masuk dan keluar dari mesin virtual dengan lancar. Dan dapat menekan Ctrl Kanan-F dan melihat layar mesin virtual penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar